Rabu, 29 Mei 2013

RPP/Lesson Plan Bahasa inggris SMA kelas 2



LESSON PLAN

First Meeting
Nama Sekolah             : SMA N 1 Bukittinggi
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Semester/ TA              : 2/ 2012-2013
Kelas                           : XI (sebelas)
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi :1. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk reports, narrative, analytical exposition, spoof, dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar   : 1.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek     (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
1.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: reports text

Karakter                 : 1. Tekun
                                 2. Percaya diri
3. Rasa hormat dan Perhatian

Tujuan Pembelajaran : 
1.      Siswa mengetahui tujuan dan memahani isi dari text reports.
2.      Siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian (general classification dan identification) dari sebuah reports text.
3.      Siswa mampu membedakan reports text dengan jenis text yang lain nya.
4.      Siswa mampu menulis sebuah contoh sederhana dari reports text dan mempresentasikan kepada teman-teman nya.

Materi Pembelajaran :  
Report text
ü  Purpose:
To describe the way things are such as a man-made thing, animals, and plants.
ü  Text Organization:
·         General Classification
(introduces the topic of the report such as the class or sub-class)
·         Identification
(give the shape/form, parts, behavior, habitats, way of survival)
ü  Language Features:
·         The use of general nouns
(e.g.: komodoes, computers, orchids)
·         The use of relating verbs
(e.g.: is, are, has)
·         The use of present tenses
(e.g.: komodo dragon is a big animal, and it weighs is more than 160 kg.)
·         The use of behavioral verbs
(e.g.: Snakes often sunbathe in the sun.)
·         The use of technical terms
(e.g.: water contains oxygen and hydrogen.)

 Example of reports text:
                                                           TORNADOS
A tornado is a powerful, twisting wind storm. It is one of the most destructive storms on earth. A tornado is also called a waterspout.
A tornado is a long cloud which comes down from the sky. It is shaped like a funnel and consists of wind which whirls around and around extremely fast. In fact, the wind can reach a speed of more than 900 km per hour.
Most tornados from a long a front (boundary) between cool, dry air and warm, humid air, Weather scientists are unable to know exactly when tornados will occur. Fortunately, the tornado is not usually very big and it does not last long.

Metode : Metode yang digunakan disini adalah metode CLT (Communicative Language   Teaching) yang memfokuskan pada kemampuan menulis siswa yang juga menggunakan struktur kalimat yang benar.

Langkah Pembelajaran :
1.      Pendahuluan
a.       Memusatkan perhatian siswa dengan memberi salam, berdo’a, meng-absen siswa, dan mencek kebersihan kelas.
b.      Memotivasi siswa 
c.       Menyampaikan materi yang akan dipelajari dan kompetensi yang harus dicapai.



2.      Kegiatan inti
a.       Eksplorasi
§  Guru mengajak siswa bercerita tentang masalah-masalah yang mereka alami dalam kehidupan sehari-sehari, karena secara tidak langsung sudah mengarah kan mereka dalam melaporkan sesuatu hal.
sebelum menjelaskan langsung tentang reports text.(engagement)
§  Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan masalah mereka (yang mewakili saja sebagai contoh)
§  Guru meminta masing-masing siswa untuk menulis sebuah surat sangat sederhana yang berisikan masalah mereka, dengan format siswa harus memperkenalkan sedikit tentang diri mereka terlebih dahulu, dan di ikuti dengan masalah mereka.(menyesuiakan dengan text organization dari reports text) (activate)
§  Siswa menukarkan surat yang telah mereka buat dengan teman di sebelah mereka, lalu masing-masing siswa memberikan solusi singkat dari masalah teman nya.
§  Guru menunjuk salah satu siswa untuk membacakan surat tersebut beserta solusi nya.
b.      Elaborasi
§  Guru membagikan sebuah contoh reports text (tornado) kepada masing-masing siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi, ciri-ciri, serta text organization dari reports text.(study)
§  Guru juga menempelkan gambar tornado untuk membantu pemahaman siswa.
§  Siswa dapat menyakan hal yang belum dimengerti sebelum guru melanjutkan ke tahap berikut nya.
§  Guru meminta siswa untuk menentukan bagian-bagian (general classification dan identification) dari text reports yang sedang mereka baca. (activate)
§  Guru mengelompokkan siswa menjadi 3-4 kelompok, kemudian membagikan masing-masing kelompok sebuah contoh reports text, dan menyuruh meraka mendiskusikan general classification dan identification dari text tersebut.
§  Guru memberikan kesempatan kepada perwakilan masing-masing kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi nya.
c.       Konfirmasi
§  Setelah diskusi kelompok guru menanyakan hal apa yang belum dimengerti siswa tentang reports text. (study)
§  Siswa mengungkapkan keraguannya
§  Guru kembali menjelaskannya sampai siswa mengerti dan benar-benar paham.(angegement)
3.      Penutup
§  guru meminta siswa menyimpulkan tentang apa saja yang mereka pahami tentang reports text. (activate)
§  guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk membuat sebuah reports text sederhana misalnya tentang binatang, tumbuhan atau sesuatu yang mereka ketahui dengan baik, sesuai dengan minat siswa.

Media/ Sumber Belajar
·                 Papan tulis
·                 Look ahead for senior high school students year XI, semester 2.
Penilaian
No
Indikator
Bentuk soal
Instrument
Contoh Soal
1.       
Siswa mampu mengidentifikasi general classification dan identification dari sebuah reports text.
Text-tertulis
-
-
2.       
Siswa mampu membedakan reports text dengan jenis text yang lain nya.
test-lisan
-

3.       



Siswa mampu menulis sebuah contoh sederhana dari reports text dan mempresentasikan kepada teman-teman nya.
Tes-tertulis






Another example of reports text:
KANGAROO
A kangaroo is an animal found only in Australia, although it has a smaller relative, called a wallaby, which lives on the Australian island of Tasmania and also in New Guinea.
Kangaroos eat grass and plants. They have short front legs, but very long and very strong back legs and a tail. These are used for sitting up and for jumping. Kangaroos have been known to make forward jumps of over eight meters, and leap across fences more than three meters high. They can also run at speeds of over 45 kilometers per hour.
The largest kangaroos are the Great Grey Kangaroo and the Red Kangaroo. Adult grow to a length of 1.60 meters and weigh over 90 kilos.
Kangaroos are marsupials. This means that the female kangaroo has an external pouch on the front of her body. A baby kangaroo is very tiny when it is born, and it crawls at once into this pouch where it spends its first five months of life.
Find out:
1. Where we can find the kangaroo based on the text above?
2. What are the characteristics of kangaroo?
3. How many kinds of kangaroo that you know after reading the text?
4. What does the kangaroo eat?
5. Why kangaroo is also called as marsupial?

Kriteria penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
1.       
Kemampuan siswa menentukan text organization dari reports text



2.       
Kemampuan siswa dalam menetukan topic utama dari sebuah reports text



3.       
Kemampuan siswa dalam menulis sebuah reports text sederhana




Keterangan :
1.      Kurang
2.      Cukup
3.      Baik



       Mengetahui,                                                              Bukittinggi, 18 mei 2013
Kepala Sekolah SMA N 1 Bukittinggi                                             Guru bidang studi



     ……………………………...                                                  ……………………….
     NIP:                                                                                         NIP:

2 komentar: